Selasa, 20 Oktober 2009

Teori Lubang Hitam dan Time Travel

Beberapa saat yang lalu saya sempat memikirkan mengenai perjalanan waktu....

Seperti film-film selama ini seperti star trek, dan beberapa film lain banyak yang memperlihatkan suatu adegan dimana sebuah lubang hitam dapat menhubungkan dunia yang satu dengan dunia yang lain. Setelah beberapa lama berpikir akhirnya saya sampai kepada pemikiran mengenai keterkaitan time travel dan black hole.

Black Hole adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Medan gravitasi begitu kuat sehingga 8kecepatan lepas di dekatnya mendekati kecepatan cahaya. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata "hitam". Istilah "lubang hitam" telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali. Secara teoritis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati.

Dengan kata lain lubang jitam merupakan vacuum cleaner yang dapat menghisap apa saja. Nah pertanyaannya apa hubungan antara black hole dengan time travel?? Hal ini dapat kita hubungkan dengan pertanyaan kemana kah benda2 yang dihisap oleh black hole itu pergi? Sejauh pengetahuan saya yg pendek ini clack hole adalah sebuah pintu dimensi atau terowongan kuantum yang mengubungkan satu dimensi ke dimensi yang lain. Jadi, apabila sebuah benda masuk kedalam black hole maka benda tersebut akan pindah dari satu dimensi ke dimensi lain dan hal itu juga dapat disebutkan sebagai perpindahan ruang dan waktu (time travel).

Lalu masalahnya apakah manusia bisa membuat black hole itu sendiri? Sejauh pengetahuan kita selama ini black hole itu terjadi berdasarkan fenomena alam. Tapi apabila kita dapat memahami prinsip dasar pembentukan black hole maka hal tersebut dapat manusia ciptakan juga. Konon katanya CERN juga pernah melakukan percobaan ini. Untuk menciptakan black hole itu sendiri membutuhkan energi yang luar biasa, dalam pemikiran saya energi tersebut digunakan untuk memadatkan sejumlah energi dalam keadaan berputar pada titik batas tertentu sehingga memiliki suatu tingkat energi grafitasi (bayangkan suatu pusaran air). Dan pembentukan energi tersebut menghasilkan lingkaran hampa udara yg dapat menarik benda2 apa saja disekelilingnya untuk masuk kedalamnya menuju dimensi yang lainnya. Atau dengan mudahnya dapat dianalogikan seperti lobang didasar kolam renang yang menarik air dan membentuk pusaran air. Maaf bila penggambaran dari saya jelek karna menyampaikan apa yg ada didalam benak saya kedalam tulisan ternyata sangat sulit.

Nah, yang jadi masalah dari pembuatan pintu demensi untuk melakukan time travel adalah bagaimana mengkontrol black hole tersebut. Seperti, mengatur ruang dan waktu tujuan dalam black hole itu sendiri, energi yg dibutuhkan untuk membuat blackhole itu dari mana, dan seberapa besar mengkontrol daya tarik dari black hole itu sendiri.

Jadi kesimpulan yang dapat saya ambil bahwa manusia masi memungkinkan melakukan perjalanan waktu salah satunya dengan menggunakan black hole walaupun dalam pengendaliannya sangat sulit untuk pemikiran dan teknologi yang ada pada zaman sekarang. Mungkin ada cara lain yg dapat teman-teman share dengan saya silahkan saja ungkapkan…

Nb: semua yang ada dalam tulisan ini 95% berdasarkan pemikiran saya sendiri jadi bila ada banyak kesalahan atau pemikiran saya bersifat uthopia maafkan saya dan silahkan masukkan kritik teman-teman kepada saya..

0 Kritik: